Undangan Menulis Esai: Kepercayaan dan Pandemi

Undangan Menulis

Tenggat Waktu : 20 Juni 2020
Diperpanjang hingga 5 Juli 2020

Kepercayaan dan Pandemi
(Antologi Esai Penghayat Kepercayaan Menyikapi Covid-19)

Satunama.org – Secara terang benderang, pandemi berdampak pada banyak dimensi: medis, sosial dan ekonomi. Penghayat kepercayaan sebagai bagian dari komunitas umat manusia, lewat pandemi justru menawarkan banyak pengetahuan, konsep dan ritus hidupnya bagi dunia modern yang (barangkali) sebelumnya dianggap sebagai tidak modern, tidak ilmiah, kolot dan seterusnya.

Perspektif spiritual penghayat kepercayaan mengajak banyak individu untuk melihat pandemi tidak hanya sebagai bala tetapi juga momentum refleksi, memeriksa kembali relasi personal dengan Tuhan yang Agung. Solidaritas sosial yang kini digaungkan, juga telah lama tinggal dan mengendap sebagai kebiasaan masyarakat penghayat kepercayaan lokal. Sinergitas manusia dengan sesama dan alam kini disadari sebagai kebutuhan atas kenormalan baru yang sedang kita jelang bersama-sama.

Atas dasar itu, Puanhayati (Perempuan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia) bekerjasama dengan Yayasan Satunama Yogyakarta mengajak banyak kalangan untuk ikut berkolaborasi dalam penulisan buku. Kolaborasi ini menyasar dua hal, membagi pengetahuan dan membantu keluarga penghayat kepercayaan yang terdampak COVID-19.

Tema Esai :
a) Spiritualitas Penghayat Kepercayaan Menyikapi Pandemi
b) Resiliensi Komunitas dalam Situasi Pandemi
c) Agensi Perempuan dalam Situasi Pandemi
d) Kemandirian Pangan dan Inisiatif Ekonomi Komunitas
e) Solidaritas Sosial Menyambut New Normal

Ketentuan Penulisan :
3000-3500 Kata | Bahasa Indonesia | Karya Orisinil, Otentik dan Asli

TOR dan Panduan lebih lanjut silakan akses melalui link berikut :
s.id/UndanganMenulisKepercayaan

Informasi Lebih Lanjut:
Sdr. Valeri B. Jehanu (valeribj@satunama.org)