Pengembangan Asosiasi Homestay Lokal Raja Ampat

Satunama.org – Yayasan SATUNAMA Yogyakarta berkesempatan memberikan layanan asistensi untuk Asosiasi Usaha Homestay Lokal Raja Ampat di Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 27 Oktober hingga 2 November 2015 ini bekerjasama dengan “73” yang mendukung penyelenggaraan asosiasi sebagai sarana pemajuan kesejahteraan anggota.

Kegiatan asistensi ini merupakan dukungan tahap lanjut setelah sebelumnya Kantri Sekar Wandansari melakukan penilaian kebutuhan (needs assessement) pengembangan organisasi. Tujuan kegiatan ini untuk mempelajari dan meninjau tata kelola asosiasi yang mencakup tujuan, sistem, dan orang.

Asistensi Asosiasi Homestay Lokal Raja AmpatFokus asistensi ini diantaranya melakukan peninjauan dokumen-dokumen pendukung legalitas asosiasi, menyusun deskripsi kerja badan pelaksana, dan menyusun penggajian badan pelaksana asosiasi. Sesudah ini masih akan dilanjutkan proses penguatan kapasitas organisasi dalam hal tata kelola keuangan.

Proses asistensi tersebut dihadiri tidak hanya oleh badan pelaksana tetapi juga dewan pembina. Partisipasi peserta memperlancar proses asistensi dalam bentuk lokalatih dan telah mampu menghasilkan rancangan dokumen dan kesepakatan-kesepakatan aturan main asosiasi.

Penulis : Stella

Tinggalkan komentar