Aku Dan Sahabatku

Satunama.org – Di era globalisasi yang di tandai dengan kemajuan dunia ilmu informasi dan teknologi, memberikan banyak perubahan dan tekanan dalam segala bidang. Dunia pendidikan yang secara filosofis di pandang sebagai alat atau wadah untuk mencerdaskan dan membentuk watak manusia agar lebih baik (humanisasi), sekarang sudah mulai bergeser atau disorientasi. Demikian terjadi salah satunya dikarenakan kurang siapnya pendidikan untuk mengikuti perkembangan zaman yang begitu cepat. Sehingga pendidikan mendapat krisis dalam hal kepercayaan dari masyarakat, dan lebih ironisnya lagi bahwa pendidikan sekarang sudah masuk dalam krisis pembentukan karakter (kepribadian) secara baik.

“ Karakter seorang anak terbentuk terutama pada saat dia berusia 3 hingga 10 tahun. Adalah tugas kita sebagai norang tua untuk menentukan input seperti apa yang dimasukan ke dalam pikirannya , sehingga bisa membentuk karakter anak yang berkualitasn ” – Sonny Vinn

Dunia anak adalah dunia yang penuh kejutan. Dunia bermain yang kaya akan cetusan – cetusan imajinasi anak dalam bungkus ekspresi yangdemikian jujur dan alami serta menakjubkan.Imajinasi anak ini berkembang seiring dengan berkembangnya kemampuan berbicara. Dan menjadi sarana bagi anak untuk belajar memahami realitas keberadaan dirinya juga lingkungan. Imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi. Proses ini mendorong semua kekuatan yang bersifat emosi untuk terlibat dan berperan aktif dalam merangsang pemikiran dan gagasan kreaktif, serta memberikan energi pada tindakan kreaktif.

Kemampuan imajinasi anak merupakan bagian dari aktivitas otak kanan yang bermanfaat untuk kecerdasan. Di masa balita imajinasi merupakan bagian dari tugas perkembangan. Sementara pada anak usia sekolah, imajinasi anak berada pada tahap intensitas paing kuat. Sehingga anak memiliki daya menghafal paling kuat, memorisasi yang paling kuat dengan materi ingatan yang paling banyak.

Imajinasi anak tidak tumbuh sama setiap anak. Perlu upaya untuk membangun imajinasi agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Kemampuan anak berimajinasi akan mengantarkan anak menjadi pemikir kreatif yang tentu saja amat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak di masa depan. Agar anak mampu menghadapi dan mencari solusi atas setiap permasalhan yang dihadapinya kelak.

Maka kami bermaksud mengadakan Anjangsana Guyub Bocah untuk mempererat tali silahturahim anak – anak serta keceriaan anak – anak kembali setelah 3 bulan tak berjumpa. Dengan diadakan anjangsana ini, besar harapan kami, peserta bisa bersenang – senang dan menantikan acara ini di setiap harinya. Akan ada saat dimana kami semua bermain bebas tanpa batas dan menumbuhkan imajinasi yang luar biasa.

Tujuan Kegiatan

1. Membuat anak mampu bersosialisasi dan berkomunikasi.
2. Membuat anak mampu berpikir kreatif.
3. Membuat anak lebih percaya diri, mandiri dan mampu bersaing.
4. Mempererat silahturahim.

Waktu dan Tempat

Hari/Tanggal : Minggu, 21 Februari 2016
Waktu : 0900 – 14.00 WIB.
Tempat : Desa Wisata Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo

Peserta

1. 20 Anak dari Sitimulyo
2. 20 Anak dari Keningar
3. 20 Anak dari Badran
4. 20 Anak dari Beji
5. 20 Anak dari Gunung Kelir
6. 20 anak dari Kalinongko
7. 20 anak dari Tanjungharjo
8. 20 Anak dari Sungai Code
9. 20 anak dari Kampung
10. 20 Anak dari Karangtalun
11. 20 Anak dari Trucuk
12. 20 anak dari Sendangadi
13. 20 Anak dari Kadilajo
14. 20 Anak dari Kenaran
15. 20 Anak dari Hargowilis
16. 20 Anak dari Sendangagung

Susunan Acara

Anjangsana-V jadwal
Anjangsana-V jadwal

Fasilitas

1. Lokasi kegiatan yang luas.
2. Lokasi kegiatan yang teduh.
3. LCD Proyektor
4. Alas duduk dan kursi
5. Konsumsi
6. Pengalaman baru

Perlengkapan yang Wajib Dibawa

1. Karya berupa mading dengan tema “ Hak – hakku dan Lingkunganku ” dengan syarat hiasan dari barang bekas , tumbuhan dan mengunakan sumber daya yang ada di sekitar..
2. Makanan olahan hasil kebun desa masing – masing sejumlah peserta, dilengkapi dengan foto pengambilan bahannya
3. Setiap anak membawa buah hasil kebun
4. Setiap anak membawa biji tanaman yang berasal dari desa masing – masing ( biji untuk ditanam kembali )
5. Tempat air minum asli dari rumah + sendok.
6. Baju ganti, payung atau jas hujan
7. Perlengkapan ibadah

Contact Person : 0852-0016-7490

Satu pemikiran pada “Aku Dan Sahabatku”

Tinggalkan komentar