Unit QM-GNH

Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Unit Quality ManagementGross National Happiness

Merupakan unit yang mengembangkan Budaya Organisasi, mengembangkan Manajemen Kualitas Organisasi, dan mengembangkan GNH SATUNAMA untuk Indonesia. Ketiga hal itu merupakan satu kesatuan, yang bisa disebut sebagai Trilogi Organisasi.

Sementara Budaya Organisasi menyangkut kondisi umum, mulai dari visi-misi, nilai, semangat, kebiasaan, tingkah laku, produk, dan mekanisme kerja, kepemimpinan, dan pergaulan yang memua sisi objektif maupun subjektif; Manajemen Kualitas lebih terfokus pada sisi objektif kinerja lembaga dari tingkat atas sampai bawah; sedangkan GNH SATUNAMA untuk Indonesia lebih terfokus pada sisi subjektif masing-masing anggota SATUNAMA di dalam memaknai dan menghayati diri sebagai social activist yang perlu mengintegrasikan pemaknaan terhadap kehadirannya di SATUNAMA disatukan dengan keyakinan pribadi dan idealisme pribadi, sehingga menjadi tolok ukur kebahagiaan seseorang di dalam keterlibatannya dalam lembaga.

Oleh karena itu, meskipun secara kasat mata mungkin QMOC-GNH belum berhasil mewujudkan Action Research GNH, dengan membalik pendekatan masalahnya, semua perlengkapan boleh dikatakan cukup matang. Yang dimaksud dengan membalik pendekatan yaitu bukan dengan mengandalkan dana proyek dari donor untuk bekerja keluar SATUNAMA, tetapi justru mematangkannya terlebih dahulu secara internal dengan mengolah Trilogi Organisasi tersebut.

Juga, dengan pengolahan GNH di SATUNAMA, sebagai salah satu dari Trilogi Organisasi, SATUNAMA mempunyai pengalaman, perangkat, dan materi untuk berkiprah ke luar, termasuk membuat jaringan dengan pihak-pihak yang mempunyai kepedulian dan keprihatinan yang sama terkait dengan GNH. Akhirnya, semua itu akan sangat terkait dengan minat SATUNAMA untuk membangun LSP (Lembaga Sertifikasi Profesional) yang sudah mulai digagas dan akan dirintis pelaksanaannya.

Personil Unit QM & GNH

donP. Hardono Hadi
Bergabung kembali dengan SATUNAMA tahun 2012 dengan tugas untuk mengembangkan GNH (Gross National Happiness) dan pada tahun 2014 ditambah dengan tanggung jawab untuk mengembangkan Budaya Oganisasi dan Manajemen Kualitas. Dia pernah menjadi bagian dari SATUNAMA pada tahun 1998-2008, terutama di divisi Training. Sementara itu juga masih mengajar di Pascasarjana Filsafat UGM dan Pascasarjana ISI Yogyakarta.

(Visited 203 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*