Penguatan Masyarakat dan Desa

Departemen Penguatan Masyarakat dan Desa (PMD) 

Merupakan departemen lama yang sejak inisiasi pendirian SATUNAMA telah menjadi salah satu fokus kerja-kerja SATUNAMA. Departemen ini melakukan pendampingan-pendampingan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai isu. Hari ini SATUNAMA melalui departemen PMD bekerja bersama untuk penguatan masyarakat di 38 desa di 25 kecamatan di tiga provinsi di Indonesia yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Papua.

Departemen Penguatan Masyarakat dan Desa diarahkan untuk bekerja bersama masyarakat akar rumput guna membangun kehidupan warga yang lebih baik. Departemen ini bergiat diri pada tiga isu besar, yang sekaligus sebagai pintu masuk untuk bekerja bersama dengan masyarakat akar rumput. Ketiga isu besar tersebut adalah Lingkungan dan Pertanian Berkelanjutan. Hak-hak Dasar: Anak dan PerempuanPengembangan Ekonomi Masyarakat dan Desa.

PM masuk ke masyarakat akar rumput dengan berbagai isu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Isu anak menjadi jalan masuk PM untuk bergerak di Desa Sendangadi, Sleman. Isu penguatan usaha kecil kreatif menjadi pintu masuk untuk warga di Banjaroya, Kulonprogo. Selain itu PM juga turut bekerja dengan masyarakat Asmat di Papua dalam rangka untuk membangun kehidupan Asmat yang lebih baik.

Program-program penguatan dan pemberdayaan masyarakat yang berbasis komunitas baik secara kategorial seperti anak DIY – JATENG didukung oleh Kindermissionwerk dan Australian Volunteer International, maupun secara teritorial desa dilakukan di DIY –Jateng didukung oleh SKHU –Koica dan di Papua (Asmat) di dukung oleh Misereor. Selain Asmat, Misereor juga mendukung kerja-kerja untuk masyarakat Urban di Yogyakarta yang pada tahun ini masuk pada finalisasi konsep. Juga bekerjasama dengan JRS untuk menangani komunitas Ahmadiyah di Transito Lombok. Program BKUK yang dibiayai oleh SATUNAMA sedang diupayakan rumusan dan bentuk yang lebih tepat. Kerjasama Disnaker Provinsi untuk mendampingi tenaga kerja pasca magang.

Personil Departemen Penguatan Masyarakat dan Desa

Damar Dwi Nugroho31671_1452557440443_5160029_n
Memiliki minat besar dalam gerakan penegakan HAM, gerakan sosial dan fasilitator pemberdayaan masyarakat. Menulis di beberapa jurnal dan menulis sejumlah buku terkait praktik advokasi dan pemberdayaan. Menaruh perhatian besar juga pada bidang lingkungan hidup dan pertanian. Memiliki latar belakang pendidikan Hukum di Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta.

Arsih2Suharsih
Menghabiskan masa kecil di Cilacap, Jawa Tengah.  Menghabiskan masa muda dengan aktif di organisasi gerakan mahasiswa dan buruh,  pernah aktif di Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan KPO Perhimpunan Rakyat Pekerja.  Berminat pada isu perempuan, buruh, desa dan pengorganisasian gerakan rakyat. Menulis beberapa buku antara lain; “Bergerak Bersama Rakyat, Sejarah Gerakan Mahasiswa dan Perubahan Sosial di Indonesia” (2007), Memecah Kesenyapan (2008), Remaja dan Perencanaan Keluarga (2010).

 

Artikel terkait Departemen Pemberdayaan Masyarakat

Mama-mama Distrik Kokas, Rintis Kemandirian Ekonomi

Satunama.org – Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak. (4/4/2019) Sebanyak 22 Orang pelaku usaha kecil di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak yang bergabung dalam Koperasi Memem Urag Kokah menandai perjuangan memandirikan ekonomi keluarga melalui peresmian warung makan milik anggota kelompok di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak. Warung Makan Memem Urag Kokah dikelola oleh kelompok mama-mama...Baca Selengkapnya »

Diskusi Disiplin Positif Untuk Pendidikan Anak

Satunama.org – Belum lama ini, kita mendapati seorang Kepala Sekolah SD IT Bina Mujtama di Bojonggede Kabupaten Bogor Jawa Barat yang menghukum siswanya dengan cara push up 100 kali lantaran belum mampu melunasi uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan sehingga mengakibatkan putri malang warga Depok Jawa Barat itu mengalami kejang di perut...Baca Selengkapnya »

Ancaman Kejahatan Seksual dan Tsunami Teknologi pada Anak

Satunama.org – Anak merupakan anugerah terindah dan amanah yang dititipkan oleh Tuhan kepada setiap keluarga. Menurut UU No.23 tentang Perlindungan Anak, Anak dapat diartikan sebagai seseorang yang berusia di bawah 18 (delapan belas tahun) termasuk yang masih dalam kandungan. Meskipun masih di bawah 18 tahun, tapi anak juga memiliki hak, atau biasa...Baca Selengkapnya »

Integrasi Program Perhutanan Sosial dengan implementasi UU Desa

Executive Summary – Institusionalisasi Pengelolaan Hutan Desa adalah project Kemakmuran Hijau yang dilaksanakan oleh Konsorsium SATUNAMA dengan dukungan pendanaan dari Millenium Challenge Account Indonesia. Project bekerja di 5 desa di Kabupaten Merangin sejak bulan Juli 2016 sampai dengan Februari 2018. Latar belakang project ini adalah ingin mengintegrasikan program Perhutanan Sosial dengan implementasi...Baca Selengkapnya »

Tiga Desa Mitra Konsorsium SATUNAMA Dapatkan SK HPHD

Satunama.org – Perjuangan panjang masyarakat di 3 desa di Kabupaten Merangin, Jambi untuk mendapatkan akses legal dalam mengelola Hutan Desa akhirnya berbuah manis. Selasa, 17 April 2018 dokumen SK Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk 2 desa di Kecamatan Muara Siau, yaitu Desa Lubuk Beringin...Baca Selengkapnya »

Older Entries »
Print Friendly, PDF & Email
Translate »