Penguatan Masyarakat

Satunama.org – Merupakan departemen lama yang sejak inisiasi pendirian SATUNAMA telah menjadi salah satu fokus kerja-kerja SATUNAMA. Departemen ini melakukan pendampingan-pendampingan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai isu. Hari ini SATUNAMA melalui departemen PMD bekerja bersama untuk penguatan masyarakat di 38 desa di 25 kecamatan di tiga provinsi di Indonesia yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Papua Barat.

Departemen Penguatan Masyarakat dan Desa diarahkan untuk bekerja bersama masyarakat akar rumput guna membangun kehidupan warga yang lebih baik. Departemen ini bergiat diri pada tiga isu besar, yang sekaligus sebagai pintu masuk untuk bekerja bersama dengan masyarakat akar rumput. Ketiga isu besar tersebut adalah Lingkungan dan Pertanian Berkelanjutan. Hak-hak Dasar: Anak dan PerempuanPengembangan Ekonomi Masyarakat dan Desa.

PM masuk ke masyarakat akar rumput dengan berbagai isu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Isu anak menjadi jalan masuk PM untuk bergerak di Desa Sendangadi, Sleman. Isu penguatan usaha kecil kreatif menjadi pintu masuk untuk warga di Banjaroya, Kulonprogo. Selain itu PM juga turut bekerja dengan masyarakat Asmat di Papua dalam rangka untuk membangun kehidupan Asmat yang lebih baik.

Program-program penguatan dan pemberdayaan masyarakat yang berbasis komunitas baik secara kategorial seperti anak DIY – JATENG didukung oleh Kindermissionwerk dan Australian Volunteer International, maupun secara teritorial desa dilakukan di DIY –Jateng didukung oleh SKHU –Koica dan di Papua (Asmat) di dukung oleh Misereor. Selain Asmat, Misereor juga mendukung kerja-kerja untuk masyarakat Urban di Yogyakarta yang pada tahun ini masuk pada finalisasi konsep. Juga bekerjasama dengan JRS untuk menangani komunitas Ahmadiyah di Transito Lombok. Program BKUK yang dibiayai oleh SATUNAMA sedang diupayakan rumusan dan bentuk yang lebih tepat. Kerjasama Disnaker Provinsi untuk mendampingi tenaga kerja pasca magang.

Personil Departemen Penguatan Masyarakat
Damar Dwi Nugroho – damardn@satunama.org
Suharsih – arsih@satunama.org
Genie Fitriadi Fendy – genie@satunama.org
Dimas Ariyanto – dimas.ariyanto@satunama.org
Prasena Nawak Santi – prasena@satunama.org
Ferry Timur Indratno – ferry@satunama.org
Ganda Kristianto – ganda@satunama.org
Banu Badrika – banu.badrika@satunama.org
Hersumpana – hersumpana@satunama.org
Tival Godoras – tival@satunama.org
Veronika Kanem – veronika.kanem@satunama.org

 


Artikel terkait Departemen Pemberdayaan Masyarakat

Inklusi Sosial dan Gender : Elemen Wajib Program Pembangunan Berkelanjutan

Satunama.org – Pemahaman menyeluruh tentang isu inklusi sosial dan gender dalam pembangunan berkelanjutan memang tidak bisa diabaikan. Pembangunan berkelanjutan tidak akan berjalan menggunakan marwahnya sebagai konsep pembangunan yang bertujuan memberikan kemerataan keadilan dan kesejahteraan bagi warga negara, khususnya kelompok rentan dan marjinal, jika pemahaman dan kesepahaman antar pihak terkait prinsip...Baca Selengkapnya »

Pelatihan Inklusi dan Gender dalam Perencanaan Program

Satunama.org – SATUNAMA sebagai sebuah organisasi masyarakat sipil yang memiliki perhatian kepada program-program yang membangun manusia mengadakan Pelatihan Integrasi Inklusi Sosial dan Gender dalam Perencanaan Program pada Senin-Rabu (24-26 Juni 2019). Pelatihan dihadiri oleh peserta dari Caritas Australia dan Timor Leste dan difasilitasi oleh ahli inklusi sosial dan gender SATUNAMA, Makrus...Baca Selengkapnya »

Mama-mama Distrik Kokas, Rintis Kemandirian Ekonomi

Satunama.org – Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak. (4/4/2019) Sebanyak 22 Orang pelaku usaha kecil di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak yang bergabung dalam Koperasi Memem Urag Kokah menandai perjuangan memandirikan ekonomi keluarga melalui peresmian warung makan milik anggota kelompok di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak. Warung Makan Memem Urag Kokah dikelola oleh kelompok mama-mama...Baca Selengkapnya »

Diskusi Disiplin Positif Untuk Pendidikan Anak

Satunama.org – Belum lama ini, kita mendapati seorang Kepala Sekolah SD IT Bina Mujtama di Bojonggede Kabupaten Bogor Jawa Barat yang menghukum siswanya dengan cara push up 100 kali lantaran belum mampu melunasi uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan sehingga mengakibatkan putri malang warga Depok Jawa Barat itu mengalami kejang di perut...Baca Selengkapnya »

Ancaman Kejahatan Seksual dan Tsunami Teknologi pada Anak

Satunama.org – Anak merupakan anugerah terindah dan amanah yang dititipkan oleh Tuhan kepada setiap keluarga. Menurut UU No.23 tentang Perlindungan Anak, Anak dapat diartikan sebagai seseorang yang berusia di bawah 18 (delapan belas tahun) termasuk yang masih dalam kandungan. Meskipun masih di bawah 18 tahun, tapi anak juga memiliki hak, atau biasa...Baca Selengkapnya »

Older Entries »
Translate »