Pelatihan Fasilitator Masyarakat Yang Kreatif dan Menyenangkan

Satunama.org – Petugas Lapangan atau Fasilitator Masyarakat diharapkan mampu menjadi fasilitator yang handal di lapangan dalam melakukan analisis masalah, mendorong masyarakat mempresentasikan situasi yang mereka hadapi, mengerjakan apa yang menjadi rencana bersama dan menilai sendiri atas apa yang sudah dikerjakan. Fasilitator harus bisa mendorong masyarakat dalam melakukan perubahan struktur sosial.

Berdasarkan konsep PRA (Participatory Rural Appraisal) bahwa: mem-fasilitasi adalah peran orang luar – Tugas fasilitator adalah membantu orang desa (masyarakat) melakukan investigasi, analisis, presentasi dan belajar sendiri. Sebagai orang luar, fasilitator menginisiasi proses dan kemudian berdiri di belakang, dan mendampingi orang desa (masyarakat) melaksanakannya.

Oleh karena itu, fasilitator lapangan harus memiliki pengetahuan tentang prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa (andragogy) dan keterampilan dalam menggunakan tool-tool pembelajaran yang partisipatif secara selektif. Pelatihan ini berjenjang dengan 3 Tahap:
A. Pemula; B. Madya; C. Utama

Materi

A.  PemulaB. MadyaC. Utama
Refleksi pengalamanAnalisis personal/ pribadi (Johary Window)Metode pembelajaran (Pengantar Andragogi dan Pedagogi) pendidikan orang dewasa.Mengenal metode-metode pembelajaranMembangun suasana belajarMenata materi pembelajaranPraktek singkat pembelajaran.Update metodeAnalisis sosialDesain materi berbasis hasil analisisPraktek penguasaan metodePraktek analisis sosialPraktek desain materi berbasis Analisis Sosial  Review Materi Pemula dan MadyaRefleksi pengalamanPraktek desain modul pelatihanPraktek implementasi modul  

Fasilitator

Tim Fasilitator SATUNAMA

Tempat & Waktu

Selasa-Kamis, 21-23 April 2020
Balai Pelatihan SATUNAMA
Jl. Sambisari No. 99, Duwet, Sendangadi, Mlati, Sleman DIY

Informasi dan Pendaftaran

Debora Ratri
082226887110
Unit Training SATUNAMA
Jl. Sambisari No. 99, Dusun Duwet RT 07/34 Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285. Telp. 0274-867745, 867746, 867747. Email : training@satunama.org

Investasi & Fasilitas Pelatihan

  • Investasi : Rp. 3.900.000,- (3 hari) / orang
  • Fasilitas :
    • Penginapan dengan kamar ber-AC dan air panas
    • Makan 3 kali sehari : sarapan, makan siang dan malam
    • Coffee Break 2 kali sehari
    • Training kit : goodie bag, notes, pulpen dan flashdisk berisi materi
    • Sertifikat Pelatihan
    • Kelas Pelatihan yang nyaman dan mendukung

Satu pemikiran pada “Pelatihan Fasilitator Masyarakat Yang Kreatif dan Menyenangkan”

Tinggalkan komentar