Syawalan SATUNAMA 2012

Tradition Syawalan commonly held one week after the Eid has become a tradition in some parts of Indonesia. SATUNAMA Foundation also saw the celebration as a greeting Syawalan humanity to unite the spirit of sharing. That is the core event in SATUNAMA Syawalan.

SATUNAMA Syawalan event is used as a means of familiarity for all employees and their families SATUNAMA respectively. For the occasion of this year, Syawalan held in one of the houses in the area of ​​employee SATUNAMA Warak, Sleman. Not only active employees are participating in this event, but there are also some former employees and volunteers of SATUNAMA. Two vocational students who are doing the N1 Paste Industry Working Practices (Prakerin) also participated in this event.

As keabraban event for employees and their families each day was held on Thursday, August 30, 2012 ago. The employees SATUNAMA initiators Syawalan event is an initiative to bear with all the needs of the event. Host as a provider where only provide rice and cooking equipment only. There are employees who bring fresh fish to be fried as well, some are brought fruits. Various kinds of drinks and snacks (snacks) also brought independently by other employees.

@bimakuru

syawalan-satunama-2012Tradisi Syawalan yang biasa dilaksanakan sepekan setelah Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat di beberapa daerah di Indonesia. Yayasan SATUNAMA juga melihat perayaan Syawalan sebagai sapaan kemanusia yang dapat mempersatukan semangat saling berbagi. Itulah inti acara Syawalan di SATUNAMA.

Acara Syawalan SATUNAMA ini digunakan sebagai sarana keakraban bagi seluruh karyawan SATUNAMA dan juga keluarganya masing-masing. Untuk kesempatan tahun ini, Syawalan diadakan di salah satu rumah karyawan SATUNAMA di daerah Warak, Sleman. Tidak hanya karyawan yang masih aktif saja yang turut serta dalam acara ini, namun juga ada beberapa mantan karyawan dan volunteer dari SATUNAMA. Dua orang siswi SMK N1 Tempel yang sedang melakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin) juga ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Sebagai ajang keabraban bagi para karyawan dan keluarganya masing-masing tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Agustus 2012 yang lalu. Para karyawan SATUNAMA sebagai penggagas acara Syawalan ini berinisiatif untuk menanggung bersama segala kebutuhan acara ini. Tuan rumah sebagai penyedia tempat hanya menyediakan nasi dan alat memasak saja. Ada karyawan yang membawa ikan mentah untuk dibakar dan juga digoreng, ada juga yang membawakan buah-buahan. Aneka macam jenis minuman dan makanan ringan (snack) juga dibawa oleh mandiri oleh karyawan yang lainnya.

Persiapan acara dimulai dari pukul 15:00 diawali dengan mempersiapkan segala macam makanan dan minuman yang akan disantap bersama. Beberapa karyawan ada yang membakar ikan, ada juga yang menyiapkan buah, membuat sambal, dan juga ada pula yang menyiapkan soundsystem sebagai sarana acara Syawalan SATUNAMA.

Sekitar puluk 17:00 barulah acara Syawalan SATUNAMA dibuka oleh salah satu karyawan yang ditunjuk sebagai MC Syawalan SATUNAMA ini. Diawali sambutan pembawa acara dan dilanjutkan ucapan selamat datang dari tuan rumah, lalu dilanjutkan dengan doa pembuka yang dipimpin oleh salah seorang karyawan unti Personalia. Dilanjutkan dengan ucapan terima-kasih dari koordinator acara Syawalan SATUNAMA dan juga doa makan dipimpin oleh seorang karyawan unit Pengembangan Kapasitas. Selanjutnya seorang kawan dari unit Pelatihan menyumbangkan puisinya.

Acara yang diikuti oleh seluruh karyawan SATUNAMA, mulai dari top-management hingga karyawanan non-management ini sungguh menjadi ajang keakraban. Setelah acara makan bersama acara dilanjutkan dengan acara ramah-tamah. Adapula yang karokean, adapula yang langsung pulang.

@bimakuru

syawalan-satunama-2012

Tinggalkan komentar