Temukan Potensimu, Ekspresikan Kreatifitasmu

Satunama.org – Anak adalah Buah Hati, buah cinta dan kebanggaan kedua orang tuanya.Maka Orang tua akan sangat bangga pada anak anaknya apabila mengetahui anaknya punya potensi yang luar biasa. Selama ini banyak orang tua yang kesulitan menggali potensi anak, sehingga para orang tua juga akan kebinguangan dalam mengarahkan anaknya sesuai dengan bakat dan minat yang di miliki anaknya. Di sisi lain ada sebagian anak yang tidak bisa menggali potensinya sendiri, sehimgga sangat perlu pengarahan dan bimbingan orang tua.

Agar tidak menyimpang dari konvensi hak anak yang telah di setujui oleh PBB di tahun 1989 dan telah di ratifikasi oleh lebih dari 159 negara di dunia dan termasuk di dalamnya adalah Indonesia, maka mari kita beri ruang kepada Anak Bangsa, yang juga sebagai generasi penerus bangsa ini untuk menggali potensinya, dan mengekspresikan kreatifitasnya sehingga hak anak dalam menentukan pilihan, pendapat dan masa depannya akan terpenuhi.

Setiap anak akan menggali potensinya, mencoba menjadi dirinya sendiri, mengetahui kemampuan diri dan harus bisa, serta berani menampilkan ekspresi dan kemampuannya serta mencoba menuangkan harapannya kedepan agar bisa menjadi bekal dalam penentuan hidupnya dimasa yang akan datang.

Di dalam rangkaian kegiatan anjangana ini, panitia mendesain inklusifits bagi semua, jadi anak di kenalkan pada penyandang disabilitas dan di sini ada stand khusus mengenal inklusifitas, yang mana di stang tersebut ada penggabungan interaksi antara anak dengan disabilitas dan anak pada pada umunya, agar tidak terjadi perlakuan diskriminatif pada anak dengan disabilitas.Karena Anak dengan Disabilitas juga mempunyai potensi yang bisa di banggakan oleh Bangsa. Di Lokasi kegiatan juga akan di tampilkan pameran kreatifitas anak dengan disabilitas,

Maka kegiatan anjangsana ini diharapkan menjadi moment terpenting dalam hidup anak anak karena bisa mengetahui potensi diri dan berani untuk maju kedepan guna menentukan masa depannya.

Tujuannya :

  1. Anak mengetahui potensi yang dimilikinya
  2. Anak berani mengekspresikan kreatifitasnya
  3. Anak bermain, belajar dan berekspresi bersama dalam lingkungan inklusifitas.
  4. Mewujudkan impian anak dan terpenuhinya hak bermain dan berkreatifitas tanpa batas pada anak.

Waktu dan tempat :

  • Hari/Tanggal : Minggu, 22 Nopember 2015
  • Jam : 09.00 – selesai
  • Tempat : Dusun Jomblang,  Desa Sendangadi  Kecamatan Mlati  Kabupaten Sleman

Peserta Anjangsana :

  1. 20 Anak dari Sitimulyo
  2. 20 Anak dari Keningar
  3. 20 Anak dari Banjaroyo
  4. 20 Anak dari Badran
  5. 20 Anak dari Beji
  6. 20 Anak dari Gunungkelir
  7. 20 anak dari Kalinongko
  8. 20 Anak dari Sungai Code
  9. 20 anak dari kampung
  10. 20 Anak dari Karangtalun
  11. 20 Anak dari Trucuk
  12. 30 anak dari Sendangadi
  13. 20 Anak dari Kadilajo

Susunan Acara :

No. Waktu Kegiatan
1 08.00-09.00 Registrasi Peserta
2 09.00-09.30 Sambutan:Kepala DusunKepala Desa

 

3 09.30-09.40 Pentas Seni, kreatifitas anak Jomblang
4 09.40-0950 Tepuk Hak anak.
5 09.50-10.00 Pengumuman dan pembagian kelompok
6 10.10-10.40 Diskusi rencana PentasJuri lomba masakan dari tahu menilai. 
7 10.40- 12.00 Pentas seni masing masing kelompok.Tiap kelompok menjadi juri kelompok yang lain, selain ada team juri yang menilai 
8 12.00-12.45 Istirahat makan siang
9 12.45- selesai Pentas seni Anak NegriDiselingi Pengumuman Lomba, pembagian hadiah dan doorprice
10 Penutup

Hal yang harus di siapkan untuk anjangsana :

  1. Setiap desa wajib membuat makanan yang bahannya dari Tahu, sejumlah peserta dari desa masing masing untuk di lombakan, Panitia menyediakan Tampah untuk tempat Kreasi Tahu.
  2. Setiap orang diwajibkan membawa celengan yang terbuat dari barang bekas.
  3. Dikarenakan musim penghujan diharapkan setiap anak membawa payung atau jas hujan serta baju ganti sebagai upaya persiapan menghadapi musim penghujan.

Tinggalkan komentar