satunamasatunamasatunama

Anak dan Budaya

Anak Gaul Bangga Dengan Budaya

Pakaian Adat Indonesia
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Kita sebagai warga Indonesia patut berbangga karena negeri tercinta ini memilki keindahan alam dan ribuaan kebudayaan yang sangat mempesona. Tetapi, banyak dari warga Indonesia yang enggan dengan budayanya bahkan memandang kebudayaan Indonesia sebagai budaya yang kuno. Mereka menganggap di era globalisasi seperti saat ini kebudayaan Indonesia terkesan ketinggalan zaman.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita sebagai warga Indonesia meelestarikan budaya serta mengingatkan betapa berharga dan pentingnya kebudayaan nusantara kita. Kebudayaan Indonesia yang begitu beragam, membuat Indonesia memiliki daya tarik bagi penduduk di belahan dunia lain. Bahkan tidak sedikit dari mereka tertarik untuk mempelajarinya. Karena mereka beranggapan bahwa kesenian dan kebudayaan Indonesia begitu unik dan menarik untuk dipelajari.

Saya sendiri selalu tertarik melakukan tindakan-tindakan sebagai anak yang bangga dengan budaya. Misalnya dengan melestarikan budaya dengan mempelajari dan mempraktikkan kebudayaan. Atau bisa juga dengan cara terjun langsung, menganjurkan masyarakat untuk mempelajari tarian daerah dengan baik, agar dalam setiap tahunnya tarian ini dapat ditampilkan dan diperkenalkan kebudayaan kita pada orang banyak.

WNA dan Budaya Indonesia

Melestarikan budaya juga bisa dengan cara membuat pusat informasi kebudayaan. Kegiatan tersebut akan mempermudah seseorang untuk mencari tahu tentang kebudayaan kita. Selain itu, cara ini dapat menjadi sarana edukasi bagi para pelajar dan dapat pula menjadi sarana wisata bagi para wisatawan yang ingin mencari tahu serta ingin berkunjung ke Indonesia dengan mendapat informasi dari pusat studi kebudayaan tersebut.

Kualitas sumber daya manusia juga perlu ditingkatkan, salah satunya dengan memajukan, memberdayakan budaya lokal, karena banyak nilai-nilai positif yang bisa kita petik dari keberadaan budaya lokal. Menghidupkan kembali semangat toleransi kekeluargaan, keramah tamahan, solidaritas yang tinggi juga patut dikembangkan dalam keseharian masyarakat.

Kita juga harus mengusahakan agar semua orang mampu mengelolah keanekaragaman budaya lokal. Oleh sebab itu, kita sebagai warga Indonesia sudah seharusnya berbangga dengan jutaan keindahan alam serta keanekaragaman budaya yang kita miliki. Dan sudah sepatutnya kita melestarikan kebudayaan agar terus berkembang dan dapat diperkenalkan kepada seluruh dunia agar tidak ada peng-klaiman dari negara asing yang mengakui kebudayaan indonesia sebagai kebudayaannya.

Setelah semua dinilai matang, barulah dilakukan promosi segencar-gencarnya dengan cara yang unik untuk menggenjot pengenalan budaya kita kepada orang lain, bisa dimulai dari keluarga, kerabat, sahabat sampai ke orang luar negeri sekalipun.

Hal lain yang juga tak kalah penting adalah intelektualitas. Hal ini menjadi sesuatu yang dianggap penting karena melalui intelektualitas seseorang bisa menjaga, menyelamatkan, memajukan budaya di mana mereka tinggal dan melalui intelektualitas ini akan lahir moral dan etika serta menjunjung tinggi nilai-nilai suatu budaya.

Sebaiknya sejak kecil kita sudah harus memiliki kesadaran tentang hal-hal di atas sehingga ketika dewasa nanti kita bisa semakin menjaga kebudayaan kita dari kepunahan. Anak gaul tidak harus selalu berurusan dengan budaya dari luar kan? Kalau kamu bisa berbuat sesuatu untuk mengangkat budaya Indonesia sehingga bisa cukup menarik bagi banyak orang, bukankah itu juga tindakan yang gaul?

Penulis : Entin Sholichah [Komunitas Anak Keningar]
Editor: Ariwan K. Perdana

(Visited 207 times, 1 visits today)
Sebarkan:Tweet about this on TwitterShare on Facebook0Share on Google+0Share on Tumblr0Email this to someone

Leave a comment

Your email address will not be published.


*