SATUNAMA dan Timor-Leste Jalin Kerjasama Peningkatan Kapasitas Radio Komunitas RDTL

Satunama.org – Bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi Sosial Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) c.q. Community Radio Center (CRC), pada Bulan November 2014, Yayasan Kesatuan Pelayanan Kerja Sama (SATUNAMA) telah melaksanakan Pelatihan Radio Komunitas yang ada di Timor Leste. Pelatihan melibatkan 10 (sepuluh) orang pegiat 9 (sembilan) Radio Komunitas Timor Leste, dua orang di antaranya perempuan. Proses belajar mencakup penambahan wawasan berkait dengan hak asasi manusia, wawasan tentang teknis peradioan, dan manajemen radio komunitas. Pembelajaran di kelas dilengkapi dengan anjangsana ke 3 (tiga) radio komunitas di Daerah Istimewa Yogyakarta (Rakom Wijaya FM, Media Komunitas Angkringan) dan Jawa Tengah (Rakom Lintas Merapi).

Kementerian Komunikasi Sosial RDTL menilai pengalaman pelatihan di Bulan November 2014 diselenggarakan dengan hasil baik. Menimbang kapasitas radio komunitas di RDTL dan pengalaman kerja sama sebelumnya, Kementerian Komunikasi Sosial RDTL memandang perlu diselenggarakannya pelatihan lanjutan. Pelatihan lanjutan direncanakan untuk dilaksanakan pada tanggal 28 Juli s.d. 27 Agustus 2015 di SATUNAMA.

Dalam rangka peneguhan kerja sama tersebut, Kementerian Komunikasi Sosial RDTL dan SATUNAMA telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) tentang kerja sama penyelenggaraan peningkatan kapasitas radio komunitas di RDTL. Penandatanganan MoU telah dilakukan pada Jumat, 12 Juni 2015 siang di Ruang Kelas Besar Gedung Hitschma SATUNAMA.

Penandatanganan MoU dirangkai dengan penyerahan cinderamata dan kunjungan ke Lingkungan SATUNAMA. Diharapkan, selain meningkatkan kapasitas para pegiat radio komunitas di Timor Leste, kerja sama yang dijalin juga akan mempererat hubungan kedua negara dan bangsa.

Tinggalkan komentar